Thursday, May 14, 2015

Pesta Rondang Bittang ke-28, Silou Kahean Juara Umum

Pesta Rondang Bittang ke-28, Silou Kahean Juara Umum

[IST]
Rondang Bittang : Camat Silou Kahean Belman Saragih didampingi Ketua Tim Hardono Purba, berpose usai menerima piala juara umum Pesta Rondang Bittang ke-28.
SILOU KAHEAN- Pesta Rondang Bittang ke-28 tahun 2013, berakhir sudah. Dalam pesta budaya yang dipusatkan di Saribudolok Kecamatan Silimakuta pada 22-24 Juni dan ditutup di Pematang Raya 29 Juni 2013, untuk ketiga kalinya secara berturut-turut, Kecamatan Silau Kahean keluar sebagai juara umum.
Keberhasilan Silau Kahean merebut juara umum, setelah berhasil menyabet 6 medali emas.  Piala juara umum diserahkan Menteri BUMN Dahlan Iskan kepada Camat Silou Kahean Belman Saragih, didampingi Ketua Tim Hardono Purba, Sabtu (29/6).
Camat Silau Kahean Belman Saragih, didampingi Ketua Tim Hardono Purba, kepada METRO, mengaku sangat bangga karena Silou Kahean bisa mempertahankan gelar juara umum. “Gelar juara umum untuk ketiga kalinya secara berturut-turut, membuktikan jika Silou Kahean merupakan salah satu daerah basis budaya Simalungun,” ujar keduanya.
Antusias pemerintah Kecamatan Silau Kahean untuk mengikuti seluruh cabang yang dipertandingkan cukup tinggi, ditambah dukungan masyarakat yang cukup luar biasa. “Meskipun waktu persiapan cukup singkat dengan pendanaan yang pas-pasan, namun berkat dukungan masyarakat gelar juara bisa dipertahankan.
Masyarakat Silau Kahean mempunyai tanggung jawab moral untuk melestarikan dan mengembangkan budaya dan seni tradisionil Simalungun. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah kecamatan adalah dengan mengimbau pihak sekolah maupun pemerintah nagori, untuk lebih memperhatikan budaya tradisional Simalungun,” kata Belman Saragih.
Sementara Hardono Purba menambahkan, dari 17 cabang yang dipertandingkan, Silou Kahean berhasil meraih 7 juara pertama, 2 juara ketiga dan 2 juara harapan.
“Untuk kategori margalah putra, margalah putri, hagualon, sulim/sordam/tulila dan tortor usihan Silou Kahean berhasil meraih juara pertama. Kategori tortor sombah dan taur taur/urdo-urdo juara ketiga dan marjalekkat putra dan marlittun 10 km juara harapan.
Seluruh cabang perlombaan kita ikuti namun hanya 11 yang berhasil meraih predikat juara,” ujar Hardono yang juga Kepala SMAN 1 Silou Kahean itu. (hp)

Sumber:
http://www.metrosiantar.com/2013/07/01/65681/pesta-rondang-bittang-ke-28-silou-kahean-juara-umum/



No comments:

Post a Comment