Thursday, May 14, 2015

Penutupan PRSU akan Diisi dengan Pagelaran Seni dan Kebudayaan Pakpak Dairi

Penutupan PRSU akan Diisi dengan Pagelaran Seni dan Kebudayaan Pakpak Dairi
*PB-LKP Dairi Sampaikan Terimakasih Kepada Pemprov Sumut
Senin, 20 April 2015 | 13:47:35

SIB/DOK.EDISON PARULIAN MALAU/ R
Ketua PB-LKP Raja Umar Ujung ST saat ditabalkan menjadi Raja Oktober 2012 silam di lapangan Gedung Djauli Manik Sidikalang.
Sidikalang (SIB)- Pengurus Besar Lembaga Kebudayaan Pakpak (PB-LKP) menyampaikan apresiasi dan penghargaan  kepada Pemerintah Provinsi Sumut, karena didaulat dan dipercaya pada penutupan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-44 pada Senin (20/4) hari ini. Lembaga yang sudah berkiprah 16 tahun ini (1999-2015) akan berusaha mempersembahkan  kebudayaan Pakpak pada malam penutupan tersebut.


Demikian disampaikan Ketua PB-LKP Dairi, Raja Umar Ujung ST kepada SIB Jumat (17/4) di sekretariatnya Jalan Sisingamangaraja Sidikalang. Menurutnya, moment tersebut merupakan salah satu kesempatan terbaik untuk menunjukkan kekayaan budaya Pakpak ke seluruh Indonesia bahkan dunia.
“Secara keseluruhan, kami mengucapkan terimakasih kepada Pemprovsu dan Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho ST. Acara penutupan PRSU kali ini merupakan sebuah penghargaan bagi kami sekaligus motivasi untuk lebih peningkatan penggalian budaya,” ujar Ujung.



Ditambahkan, PB-LKP dalam hal ini sudah mempersiapkan seluruh rangkaian pagelaran dengan berbagai kekayaan adat dan budaya Pakpak, sehingga mampu memperkenalkan budaya Pakpak kepada seluruh pengunjung.



“Walau dengan segala keterbatasan, LKP sudah berusaha sebaik mungkin untuk mempersembahkan seni, tarian serta berbagai kegiatan pada penutupan nantinya. Kami juga berharap kepada seluruh putra-putri Pakpak dan seluruh warga Dairi dari segala penjuru dapat menyaksikan pagelaran seni di PRSU nanti,” harapnya.

Seniman Dairi
Terpisah, seniman Dairi, Samuel Pinem kepada SIB Jumat (17/4) mengaku sudah meramu berbagai persembahan seni dan budaya. Disebutkan Pinem, Pagelaran seni dan budaya Pakpak Dairi yang akan mengisi acara pada penutupan PRSU yang telah  dikemas serta bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Dairi, diharapkan memberikan warna baru Budaya Pakpak pada berbagai pagelaran nantinya.



“Pagelaran drama disutradarai Ahmad Padang dibantu oleh Mbue Br Banurea, Barsa Sagala, Siswati Solin serta rekan lainnya, diharapkan dapat memberikan persembahan terbaik nantinya,”  sebut Pinem.



Pinem menuturkan, selain pagelaran drama mereka juga mempersiapkan tari Pakpak dengan nama Nantampuk Mmas, Mengera-era, band dan persembahan lagu artis-artis Pakpak. “Dramanya berjudul ‘Sipatu Sikkola Arko’ menceritakan perjuangan masyarakat Pakpak di desa terpencil dan Arko berhasil menyelesaikan sekolahnya atas berbagai bantuan pemerintah ke desa mulai dari pertanian dan industry kecil lainnya,” tutur Pinem. (B05/ r)


Sumber:
http://hariansib.co/view/Marsipature-Hutanabe/55145/--Penutupan-PRSU-akan-Diisi-dengan-Pagelaran-Seni-dan-Kebudayaan-Pakpak-Dairi.html#.VVSRMbmqqko



No comments:

Post a Comment