Friday, May 29, 2015

DR. Al Misry: Sisingamangaraja XII itu Islam

DR. Al Misry: Sisingamangaraja XII itu Islam

Al Misry forum SSM XII (Custom)Takengon-LintasGayo.co : Salah seorang akademisi di Gayo Kabupaten Aceh Tengah, Dr. Al Misry, MA menyatakan apresiasi digagasnya Napak Tilas Pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII hingga ke Gayo. Selain itu, di menegaskan jika SSM-XII itu beragama Islam. Pernyataan itu diungkapkan saat bertemu sesaat dengan pengurus Forum Sisingamangaraja XII di Pegasing Aceh Tengah, Sabtu 24 Mei 2014.
“Sisingamangaraja XII sudah beragama Islam saat di Gayo,” kata Al Misry kepada Wilson Selain, Jimmy Siahaan dan Madison Situmorang serta pendamping mereka Khalisuddin yang juga sebagai Pimred media ini.
Dihadapan ketiganya, Al Misry mengatakan SSM-XII pernah dihadiahi 2 buah rencong Aceh yang kemudian kedua rencong itu menjadi lambang Sisingamangaraja.
Kubah masjid di Negeri Sembilan dengan dua pedang mirip dengan yang ada di lambang panji SSM XII
Kubah masjid di Negeri Sembilan dengan dua pedang mirip dengan yang ada di lambang panji SSM XII
“Coba perhatikan dua rencong Aceh ini, jika digabungkan keduanya menjadi lambang Sisingamangaraja kan,” katanya sambil melukiskan kesebuah kertas dua buah rencong kemudian keduanya digabungkan dan menjadi lambang Sisingamangaraja.
Melihat apa yang diutarakan oleh Al Misry, Wilson lalu menunjukkan bukti lain berupa foto yang diperoleh dari pihak yang mengaku keluarga SSM-XII yang kini berada di Negeri Sembilan Malaysia. Foto yang berupa sebuah mesjid yang didirikan oleh keluarga SSM-XII di Negeri Jiran itu dimana nampak dikubahnya gambar berbentuk rencong yang merupakan lambang dari Sisingamangaraja XII.
Batu nisan di Negeri Sembilan Malaysia
Batu nisan Raja Lumni bin Sisingamangaraja di Negeri Sembilan Malaysia
“Kami belum menemukan bukti kongkrit soal agama yang dianut Opung kami, meski banyak yang mengarah keyakinannya beragama Islam, namun kita butuh penelitian lagi,” kata Wilson yang menggangap SSM-XII seorang Sufi.
Sempat terjadi perdebatan kecil diantara mereka, namun waktu sangat sempit karena rombongan Forum SSM XII akan menuju Gayo Lues, DR. Al Misry dan Forum SSM XII akan menuangkan yang diketahui dalam tulisan ilmiah.
(Wein Mutuah)

Sumber:
http://lintasgayo.co/2014/05/27/dr-al-misry-sisingamangaraja-xii-itu-islam

No comments:

Post a Comment