Thursday, July 5, 2012

Produksi Buah Nenas Pakpak Bharat 400 Ton per Tahun

Rabu, 27 Jun 2012 07:43 WIB
Produksi Buah Nenas Pakpak Bharat 400 Ton per Tahun

MedanBisnis – Pakpak Bharat. Luas lahan pertanian nenas di Kabupaten Pakpak Bharat  sekitar 71,5 hektare, yang  tersebar di delapan kecamatan  dengan produksi buah nenas mencapai 400 ton per tahun. Dan, hingga saat ini para petani masih mencari sendiri pasar penjualan hasil panennya.
“Sampai tahun 2011 luas tanaman nenas di Pakpak Bharat mencapai 71,5 hektare dengan produksi buah nenas mencapai  400 ton per tahun,” kata Kepala Bidang  Tanaman Pangan dan Hortikultura Dinas Pertanian Pakpak Bharat Chairul Pane, kepada MedanBisnis,Selasa (26/6) di ruang kerjanya.

Dikatakannya, Dinas Pertanian melalui bidang tanaman pangan dan hortikultura tetap melakukan upaya dalam pengembangan nenas Pakpak Bharat melalui sosialisasi cara bercocok tanam nenas untuk menghasilkan buah yang baik. Hasilnya memang bisa dilihat,  pada waktu pekan tani Flora dan Flori  nenas Pakpak Bharat sangat digemari pengunjung. “Hingga sampai akhir pameran nenas Pakpak Bharat terjual sampai 150 buah dengan harga Rp 8.000 – Rp12.000 per buah,” ungkapnya.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi Dan UMKM Pakpak Bharat  Mangaraja Maha, mengatakan untuk pemasaran buah nenas pihaknya belum menjalin kerja sama dengan pihak ketiga. Tetapi Perindagkop sudah melakukan pelatihan kepada masyarakat maupun petani nenas dalam mengolah buah nenas menjadi dodol, sirup, keripik dan selai nenas yang bekerjasama dengan balitbang pasca panen dari Bogor guna menambah nilai jual buah nenas.

Selain itu, Pemkab Pakpak Bharat juga telah membuat program  untuk pendirian Perusahaan Daerah Pakpak Agro Lestari ( PD PAL ), yang mana PD PAL membantu pemasaran dari semua hasil pertanian di Pakpak Bharat, termasuk mencari pemasaran buah nenas tersebut. (ck 08)


Sumber:
http://www.medanbisnisdaily.com/news/read/2012/06/27/103227/produksi_buah_nenas_pakpak_bharat_400_ton_per_tahun/

No comments:

Post a Comment