Wednesday, December 17, 2014

Situs Sejarah Islam di Barus Harus Diselamatkan

Situs Sejarah Islam di Barus Harus Diselamatkan

Sabtu, 8 Desember 2012 | 15:32 WIB
MEDAN, KOMPAS.com - Situs bersejarah berupa makam para aulia (ulama) pengembang Agama Islam yang berlokasi di Desa Kinali, Kota Barus, Sumatera Utara, harus diselamatkan dari ancaman abrasi dan banjir.

"Bila hujan turun lebat dan terjadi banjir, makam tua yang memiliki nilai sejarah tinggi itu terkena abrasi dan pengikisan. Dikhawatirkan lambat-laun akan roboh," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Bonaparte Manurung, ketika dihubungi dari Medan, Sabtu (8/12/2012).

Kota Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, terletak di tepian Pantai Barat Pulau Sumatera. Barus pernah menjadi pusat peradaban pada abad 1-17 Masehi, sehingga menjadi salah satu tujuan wisata serta bagi para peneliti arkeologi Islam, baik dari dalam negeri maupun luar negeri.      

Di Kecamatan Barus terdapat 44 makam aulia (ulama) yang sangat berjasa dalam membangun dan mengembangkan Islam di kawasan itu.

Bahkan, menurut Manurung, akibat pengaruh banjir yang sering terjadi, makam aulia yang berusia ratusan tahun itu sudah tergerus lebih kurang sepanjang 386 meter. Bila hal ini terus dibiarkan dan tidak ada solusi untuk menyelamatkan, maka makam ulama tersebut bisa tenggelam.

"Makam aulia berlokasi di Desa Kinali, saat ini bangunannya kelihatan banyak yang jebol dihantam banjir akibat meluapnya Sungai Aek Sirahar Barus," ucap Manurung.

Manurung menambahkan, kondisi situs bersejarah ini sudah banyak yang rusak dan tidak terawat. Belum lagi, bangunan yang sudah tua tersebut terus dilanda banjir seperti peristiwa Minggu (11/11/2012) lalu.

"Banjir yang terjadi di Kota Barus, mengakibatkan situs bersejarah tersebut nyaris tenggelam," ujarnya, dan menambhakan bahwa lokasi kota tua dan bersejarah itu 412 Kilometer arah Barat Kota Medan, Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara.

Ketika ditanya, apa upaya yang dilakukan untuk menyelamatkan situs bersejarah itu, Manurung mengatakan, masalah ini seluruhnya menjadi kewenangan Pemkab Tapanuli Tengah dan Dinas Pekerjaan Umum.

"Bupati Tapanuli Tengah, Raja Bonaran Situmeang, juga prihatin melihat kondisi makam aulia, ketika meninjau tempat bersejarah itu di Desa Kinali," kata Manurung.

Sementara itu, peristiwa banjir dan tanah longsor yang terjadi di Kabupaten Tapteng, Sumatera Utara, Minggu (11/11/2012) lalu, melanda empat kecamatan yakni Kecamatan Barus, Kecamatan Tapian Nauli, Kecamatan Pandan, dan Kecamatan Lumut.

Kabupaten Tapanuli Tengah secara administratif terdiri atas 15 kecamatan dengan 145 Desa dan 15 kelurahan. Luas wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah adalah 2.194,98 kilometer persegi atau 219.498 hektar, dengan jumlah penduduk 290.545 jiwa.


Sumber: Antara


Penulis: Agus Mulyadi
Editor: Agus Mulyadi




Sumber:http://regional.kompas.com/read/2012/12/08/15321515/twitter.com

No comments:

Post a Comment