Friday, December 19, 2014

Orang Batak Berasal Dari Gayo?

Orang Batak Berasal Dari Gayo?

By  on January 14, 2012
0
ekskavasi-ujung-karang-KHA_1690
Salah satu kotak penggalian Arkeologi di Ujung Karang Takengon. (Foto : Khalisuddin)
MASYARAKAT Batak selama ini berkeyakinan, bahwa orang Gayo itu berasal dari Batak. Demikian pula sebagian masyarakat Gayo, memiliki keyakinan yang sama. Tetapi bagaimana dengan pembuktian ilmiah?
Di Gayo ada dua klien  (belah). Belah  Uken dan Toa. Klien Toa, pada abad ke 16 M, didatangi oleh suku Batak- Karo, yang dikenal dengan sebutan Batak 27. Pada saat Batak 27 datang ke Bebesen, di Gayo sudah lama berdiri kerajaan Linge, Kerajaan Bukit dan Syiah Utama, serta kerajaan kecil lainnya yang merupakan klien (belah) Uken.
Datangnya Batak 27 ke wilayah Bebesen, melahirkan sebuah kerajaan baru (kerajaan Cik). Talpan (dari Fak-Fak Dairi), pimpinan Batak 27 ini kemudian masuk islam dan diberi nama Leube Kader. Talpan diangkat  menjadi raja pertama Cik Bebesen (1607-1636M). Hingga kini di bekas wilayah kerajaan Cik itu  masih terdapat marga seperti Munthe, Melala, Cibro, Tebe dan lainnya.
Bagaimana dengan kerajaan sebelum berdirinya kerajaan Cik? Benarkah Orang Gayo berasal dari Batak, atau justru orang Batak berasal dari Gayo. Bukti sejarah yang berhasil dihimpun oleh tim peneliti arkelogi dari Balar Medan, justru membalikan keyakinan orang Batak. Bukan orang Gayo berasal dari Batak, tetapi orang Batak  yang berasal dari Gayo?
Balai Arkeologi (Balar) Medan sudah melakukan kajian arkelogis, antropologis, maupun etnoarkeologis di dua daerah ini ( Batak dan Gayo). Atas  kajian berbagai aspek budaya yang ditemukan dalam penelitian, menunjukkan adanya indikasi yang kuat bahwa aktifitas budaya pra sejarah di Tanoh Gayo, khususnya babakan neolitik (megalitik), lebih tua dibandingkan dengan aktifitas di Tanah Batak.
Tim arkeolog Balai Arkeologi (Balar) Medan yang dipimpin Ketut Wiradyana, melakukan penelitian di Aceh Tengah pada tiga loyang (gua/ceruk); Loyang Mendale, Ujung Karang dan Puteri Pukes. Tim Balar Medan ini juga sebelumnya telah melakukan penelitian di Tanah Batak.
“Sampai saat sekarang ini saya belum menemukan adanya budaya Dongson (Tanah Batak) di bumi Gayo. Kita akan melakukan kajian lebih mendalam lagi tentang ini,” sebut Ketut, menjawab Waspada, Selasa (10/1) via selular.
Menurut Ketut, yang kemudian menerbitkan buku “Merangkai Identitas Gayo”, ada beragam budaya yang dapat dibuktikan dari temuan bersejarah itu.  Selain budaya Howabinh, kemudian disusul 3000 tahun sesudahnya kembali masuk budaya Austronesia- Howabin (Sumatralith). Berkemungkinan besar  manusia Howabinh yang sudah beraktiftas di sekitar Danau Luttawar, berdampingan hidup dengan pendatang baru Austronesia. Apakah keturunannya ada di Gayo, itu yang perlu pembuktian lebih mendalam.
Selain itu ciri ciri budaya Sahuyn-Kalanay (Filipina selatan, Indo Cina) serta bau budaya melayu (Asia Tenggara Daratan, Serawak, Kalimantan) dan budaya Lapita (Indonesia Timur dan Pasifik Barat), juga ada di Gayo.
Hasil penelitian radiokarbon, menunjukkan bahwa migrasi beragam budaya  ke dataran Tinggi Gayo berlangsung pada awal-awal penutur Astronesia menuju Barat Sumatra. Pada jaman mesolitik itu (7000-5000 tahun yang lalu), budaya  Howabinh di Gayo sudah berkembang.
Disusul jaman neolitik (3500-3000 tahun lalu) dengan adanya temuan berupa kapak lonjong, gerabah, anyaman dari rotan, serta cangkang hewan lunak, dari hasil penggalian di tiga loyang ini, menandakan adaya budaya berbagai fase di Gayo (Mesolotik dan neolitik).
Aktiftas itu terlihat sampai sebelum masuknya Islam di Gayo. Awal-awal tahun Masehi, loyang masih menjadi daerah hunian di tepi danau. Apakah ada hubungannya manusia prasejarah di sana dengan penduduk Gayo sekarang, tes DNA nanti akan membuktikannya, dan dilanjutkan dengan penelitian lebih mendalam, sebut Ketut.
Sementara di Tanah Batak didominasi oleh budaya Dongson (salah satu budaya berasal dari Veitnam Utara) yang perkembangannya sekitar 2500 tahun yang lalu. Budaya Dongson ini ditandai dengan adanya logam dan pola hias yang ditemukan di rumah Batak Toba, yang menggambarkan binatang atau manusia dengan hiasan bulu-bulu panjang.
Selain itu pada masyarakat Karo dan Nias juga memiliki bentuk hiasan berupa anting-anting yang sama dengan salah satu bentuk  hiasan bejana budaya Dongson, yang ditemukan dekat Phonm Penh, Kandal, Kamboja.
Menurut tim Balar Medan, budaya besar lainnya yang berkembang di Nias maupun Sumatra Utara adalah budaya Megalitik. Ciri utamanya kepercayaan terhadap roh, adanya kepercayaan akan kehidupan sesudah mati.
Budaya Howabinh yang masuk ke Tanah Gayo jauh lebih tua bila dibandingkan dengan budaya Dongson yang masuk ke Tanah Batak. Budaya Howabinh berkisar 7000-5000 tahun yang lalu, sementara budaya Dongson sekitar 3000-2500 tahun yang lalu.
Menjawab Waspada, Ketut menjelaskan, bila dihitung generasi, satu generasi itu sekitar 25 tahun. Di Gayo sudah hidup sekitar 296 atau 300 generasi, sementara di Batak berkisar antara 140 generasi.
Penemuan situs di Gayo ternyata lebih tua bila dibandingkan dengan Sumatra Utara. Prof. Dr. Bungaran A. Simanjuntak menanggapinya serius. Dalam kata pengantarnya di buku Gayo Merangkai Identitas, Bungaran menyebutkan, tiori selama ini telah dipercayai dan terekam di memori orang Batak, bahwa Gayo itu berasal dari Batak.
Gayo dan Alas adalah sub-sub suku bangsa Batak, sebut Bungaran. Namun dengan temuan Balar Medan, tiori ini bisa jungkir balik (masih akan diteliti secara mendalam lagi). Justru suku bangsa Batak berasal dari Gayo. Atau justru bangsa Gayo bukan sub suku bangsa Batak. Bisa jadi sederajat, seayah seibu, orang Gayo yang lebih dahulu datang ke Sumatra, baru disusul suku bangsa Batak.
Diharapkan, sebut Bungaran Simanjuntak, perlu adanya penelitian lebih mendalam lagi agar terang benderang. Ini sangat penting untuk diungkap secepatnya. Perbedaan tahun budaya antara Gayo dan Batak terlihat jelas.
Temuan arkeolog Balar Medan ini sudah menghilangkan kekeberen (cerita dari mulut ke mulut secara turun temurun) di Gayo. Dimana sebagian orang tua di Gayo dalam kekeberennya menyebutkan bahwa orang Gayo itu berasal dari Batak.
Namun bukti ilmiah, setelah tim  Balar Medan yang telah menggali tiga loyang di pinggiran Danau Lot Tawar, mematahkan kekeberan itu. Budaya Gayo (Howabinh) jauh lebih tua bila dibandingkan dengan budaya Dongson di Batak. (Bahtiar Gayo)

Sumber : Waspada edisi 11 Januari 2012
http://www.lintasgayo.com/17577/orang-batak-berasal-dari-gayo.html

No comments:

Post a Comment