Wednesday, April 8, 2015

Salak Sidempuan oleh-oleh khas Tanah Angkola

Salak Sidempuan oleh-oleh khas Tanah Angkola


10 Feb 2015 - 10:44am Oleh InfoMedan»
Sidempuan adalah sebuah kota yang terletak di Tapanuli Selatan, ada 3 opsi atau pilihan jika anda ingin bepergian ke padang sidempuan, yaitu 1 jalur udara dan 2 jalur darat.
o1
Tentunya start nya dari kota Medan, untuk jalur udara kita bisa terbang menggunakan pesawat dari KNIA ke bandara Aek Godang – Tapsel, dan untuk jalur darat anda bisa memilih jalur lintas timur dan lintas barat.
Untuk lintas barat jaraknya sekitar 400 km dari Medan via Parapat – Tapanuli, sedangkan lintas timur memakan waktu 13 – 15 jam perjalanan menggunakan mobil dari kota Medan via Asahan – Kota Pinang (Kab. Labuhan Batu Utara) – Padang Sidempuan.
Berkunjung ke Padang Sidempuan kurang lengkap rasa nya jika belum mencicipi manis nya buah salak Sidempuan. Salak sidempuan adalah oleh-oleh khas bumi Angkola ini.
Selain durian, buah salak ini bisa kita dapatkan di pusat pasar kota Padang Sidempuan, yang berada di jalan Sudirman kota Padang Sidempuan.

Ketika kita berhenti didepan lapak, para penjual yang sangat ramah akan segera datang menghampiri dan menawarkan buah salak mereka. Kita akan diberi buah salak untuk dicicipi secara gratis sebelum membeli buah salak tersebut.
Selain di pusat pasar, kita juga bisa menemukan para penjual salak di pinggir jalan sebelum masuk kota Padang Sidempuan. Menurut informasi yang penulis dapatkan, ada satu daerah yang disebut “Parsalakan” di kota Padang Sidempuan. Parsalakan artinya kurang lebih tempat pusat salak atau tempat pohon salak di tanam dalam jumlah banyak. Jarak nya dari pusat kota sekitar 1 jam perjalanan menggunakan mobil.
Mengenai harga kita hanya perlu pintar tawar menawar dengan penjual, ada banyak tawaran dari para penjual, seperti borong satu karung 50 kg-an harga nya sekitar Rp. 250.000, berat timbangan pastinya tidak tahu karena di sini sistemnya tidak pakai timbangan. Untuk 1 bakul atau yang dibungkus dalam bakul harga nya sekitar 50.000,-.

Jika kita memiliki banyak waktu untuk mencari salak di Sidempuan, kita bisa langsung pergi ke parsalakan tadi, karena untuk satu karung harganya hanya Rp.100.000,-.

Tertarik untuk mencobanya? Silahkan datang berkunjung ke kota Padang Sidempuan.

Sumber:
http://infomedan.net/salak-sidempuan-oleh-oleh-khas-tanah-angkola.html


No comments:

Post a Comment