Medan - Komunitas Jendela Toba dan Rumah Karya Indonesia (RKI) akan mengelar Geo Bike Caldera Toba pada tanggal 10-12 April 2015 mendatang. Kegiatan digelar, yakni, bersepeda santai berkeliling di seputaran Kawasan Danau Toba, yang masuk dalam rangkaian kegiatan HUT Provinsi Sumatera Utara ke-67 tahun.
Gubernur Sumatera Utara, H Gatot Pujo Nugroho menerima audiensi panitia Geo Bike Caldera Toba dari Komunitas Jendela Toba dan Rumah Karya Indonesia (RKI) di Ruang Kerja Lantai X Kantor Gubernur Jalan Diponegoro, Medan.
Gubernur Sumatera Utara, H Gatot Pujo Nugroho menerima audiensi panitia Geo Bike Caldera Toba dari Komunitas Jendela Toba dan Rumah Karya Indonesia (RKI) di Ruang Kerja Lantai X Kantor Gubernur Jalan Diponegoro, Medan.
        Penjelasan itu terungkap saat Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), H Gatot Pujo Nugroho ST MSi menerima audiensi panitia Geo Bike Caldera Toba dari Komunitas Jendela Toba dan Rumah Karya Indonesia (RKI) di Ruang Kerja Lantai X Kantor Gubernur Jalan Diponegoro No. 30 Medan, Senin (23/3/2015).
        Acara Geo Bike yang bertujuan mempromosikan Geopark Kaldera Toba itu menempuh rute perjalanan : Bandara Udara Silangit-Muara (Kabupaten Tapanuli Utara), Bakkara-Tipang (Kabupaten Humbahas) dan Pangururan-Sianjur Mula-mula- Tuktuk (Kabupaten Samosir) dan Parapat (Kabupaten Simalungun).
        Saat menerima audensi, Gatot Pujo Nugroho didampingi staf ahli Gubernur bidang Kesehatan dan Pendidikan Ir H Aspan Sofian MM, sedangkan dari panitia Manager Program Dr Irwansyah Harahap MA, Bendahara dr John Robert Simanjuntak SpOG, Sekretaris Manager Pelaksana Jhon Fawer Siahaan Spd, serta Ojak Manalu.
        Saat Panitia Geo Bike Caldera Toba menyampaikan tujuan audiensi adalah untuk mengundang Gubsu untuk hadir dalam acara itu, dan langsung disanggupi Gatot Pujo Nugroho, bahwa dirinya akan ikut serta bersepeda mengikuti rute tersebut. "Saya mau ikut juga, dan nanti akan diagendakan protokol," kata Gubsu langsung memerintahkan Protokol mengagendakan keikutsertaannya.
        Manager Program Dr Irwansyah Harahap MA menyampaikan tujuan kegiatan adalah untuk memperkenalkan kawasan Danau Toba sebagai daerah pariwisata yang dapat diunggulkan secara Internasional sekaligus untuk mempromosikan Geopark Kaldera Toba (GKT). Selain itu, untuk mempromosikan Sport Tourism dengan Geobike sebagai salah satu bentuk Geowisata di Kawasan Danau Toba. "Event Geobike Toba akan dijadikan salah satu kegiatan rutin dalam dunia kepariwisataan, khususnya di wilayah Kawasan Danau Toba," sebutnya.
        Selain bersepeda mengelilingi Kawasan Danau Toba, rute kegiatan Geobike juga akan memperkenalkan Geoarea, Geosite, meliputi Geodiversity, Biodiversity dan Culturediversity Geopark Kaldera Toba. Peserta Geobike Toba juga akan tinggal di rumah penduduk dan hotel. "Dalam kegiatan Geobike ini juga akan menyajikan paket seni pertunjukan wisata," ungkap Irwansyah Harahap.
        Untuk jumlah peserta yang terlibat dalam kegiatan diperkirakan 200 orang antara lain Komunitas Sepeda, Jendela Toba, RKI, Pemerintahan Kabupaten dan Pemprovsu, Tim Percepatan GKT, Mahasiswa, Pecinta Lingkungan, Turis lokal, Nasional dan Mancanegara.
        Dalam Raund Down dari panitia Geobike Caldera start akan di lepas Gubernur Sumatera Utara H Gatot Pujo Nugroho ST MSi pada 11 April 2015  di Penatapan Tapian Kabupaten Tapanuli Utara didampingi lima Bupati di kawasan Danau Toba dan saat itu pula Gubsu juga ikut serta meramaikan Geobike Caldera Toba dengan bersepeda menuju Eksplor Muara- eksplor Bakara- Pangururan-Eksplor Tomok dan finis di Ajibata Parapat. (M-07)

Sumber:
http://karakternews.com/budaya-pariwisata/budaya-pariwisata/geobike-bentuk-geowisata-kawasan-danau-toba