Monday, April 27, 2015

Geo Bike Caldera Toba 2015, Gubernur Bersepeda Susuri Danau Toba

12 Apr 2015 | 05:43 WIB

Geo Bike Caldera Toba 2015, Gubernur Bersepeda Susuri Danau Toba

Gubsu Sepedaan. (Foto : Tajuk)Gubsu Sepedaan. (Foto : Tajuk)
Tajuk.co, MEDAN - Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Gatot Pujo Nugroho ST MSi membuka secara resmi Geo Bike Caldera Toba 2015 di Tepi Danau Toba Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara, Sabtu (11/4).

Usai membuka Geobike Caldera sekaliguis dilounching menjadi kegatan rutin tahunan, Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST MSi langung ikut bersama para pesepeda lainya menyusuri jalan di tepi Danau Toba menuju Perbatasan Kabuoarten Humbang Hasudutan yakni Bakara dan terus melanjutkan perjalanan ke Istana Sisingamangaraja di Bakti Raja Kabupaten Humbang Hasudutan.

Acara yang diprakarsai Komunitas Jendela Toba dan Rumah Karya Indonesia (RKI) dihadiri pesepeda dari berbagai kota di Indonesia yang selama dua hari mengelilingi Danau Toba di Sumatera Utara.

Kegiatan bertajuk Geo Bike Caldera Toba Menuju GGN UNESCO tu adalah bagian dari kampanye mendukung Danau Toba masuk ke jaringan taman bumi global atau Global Geoparks Network (GGN) yang berada di bawah naungan United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO).

Gubsu H Gatot Pujo Nugroho ST MSi dalam sambutannya, menyampaikan bahwa acara yang digagas Komunitas Jendela Toba dan Rumah Karya Indonesia (RKI) memang agar Danau Toba dengan berbagai potensinya masuk pada jejaring Geopark Kaldera Toba.

"Dengan berbagai potensi yang dipunyai Danu toba dihatapkan mampu bisa ekploitasi baik potensi budayanya, potensi keindahan alamnya sehingga para turis dapat datang ke Danau Toba," harapnya.

Memang, lanjut Gubsu, pelaksanaan Geobike Caldera Toba dirangkai dengan Hut Pemprovsu ke-67, karena kita tidak ingin acara Hut selama ini digelar hanya serimonial saja.

"Tapi kali ini kita coba integrasikan dengan berbagai kegiatan baik itu memunculkan berbagai ekonomi kretaif yang dimilik Sumut dengan kita gelar saresehan songket dan saat ini juga kita lakukan Geobike Caldera Toba maka kepada para biker saya berharap selama diperjalanan untuk bisa mempromosikan keindahan Danau Toba," harapnya.

Bupati Tapanuli Utara yang diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan Pemkab Taput menyampaikan menyampaikan harapan besar kepada para pesepeda yang hadir dapat mempromosikan Danau Toba.

"Kita berterimakasi kepada pihak panitia yang menempatkan Kecamatan Muara sebagai tempat awal bagi kegiatan Geobike Caldera Toba, " ujarnya.

Ini, lanjutnya adalah awal permulaan yang baik di masa akan datang dan nantinya kita berharap mendorong peningkatan arus kunjugan wisata.

Irwansyah Harahap MA selaku Manager Program menyampaikan bahwa kegiatan Geobike Bertujuan untuk memperkenalkan sebuah konsep baru dalam dunia kepariwisataan berbasis konsep Geopark. Disamping aktifitas fun bike para peserta juga diperkenalkan pada situs-situs geoare, Geosite dan meliputi atraksi-atraksi budaya sepanjang situs yang dilalui.

"Kegiatan ini juga sebangai ruang untuk mensosialisasikan Geopark Kaldera Toba tidak hanya pada masyarakat tempatan dan Nasional juga bagi masyarakat Internasional," ujarnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya untuk mempercepat direalisasikannya Geopark Kaldera Toba menjadi bagain dari Geopark Glaobal Network Unesco.

Sedangkan M Andrian Manalu, menyampaikan Geobike Kaldera Toba merupakan sebuah kegoiatanb bersepeda dengan konsep Fun Bike melintasio pinggiran danau Toba dengan poerjalan nukau Bandar Udara Silangit dengan rute Wilayah Muara kabupaten Tapanuli Utara menuju Baktiraja Kabupaten Humbang Hasudutan, kemudian Pengururan terus Sianjur, Mula-mula, Simanido, Tuk-Tuk, Tomok di kabuopaten Samosir dan Parapat Kabupaten Simalungun yang dilaksanakan pada tanggal 10-12 April 2015. (DWI)

Sumber:
http://tajuk.co/news/geo-bike-caldera-toba-2015-gubernur-bersepeda-susuri-danau-toba



No comments:

Post a Comment