Wednesday, April 8, 2015

Ratusan Peserta Bakal Mengitari Kawasan Danau Toba

Ratusan Peserta Bakal Mengitari Kawasan Danau Toba

Penggiat Geopark Toba Gelar Geobike
Dolok Sanggul-andalas Penggiat Geopark Kaldera Toba (GKT) dari Jendela Toba dan Rumah Karya Indonesia (RKI), akan menggelar geobike di kawasan Danau Toba. Geobike yang ditargekan mendukung perwujudan GKT itu akan melibatkan lima kabupaten di kawasan Danau Toba dan dilaksanakan 10-12 April mendatang.
Menejer Program Geobike, Irwansyah Harahap kepada sejumlah wartawan di Bakti Raja, kemarin, mengatakan, ratusan peserta pedayung sepeda dari berbagai kalangan dan individu akan mengelilingi kawasan Danau Toba mulai dari Bandara Udara Silangit, Muara, Bakkara, Tipang, dan sejumlah kawasan di Samosir.
“Kegiatan ini merupakan rangkaian dari sosialsiasi geopark kaldera Toba, yang diselenggarakan Jendela Toba dan RKI bekerjasama dengan pemerintah di kawasan Danau toba termasuk pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Dengan kegiatan itu diharapkan meningkatkan kunjungan wisata ke kawasan Danau Toba,” terangnya.
Ketua Perhimpunan Jendela Toba itu, menambahkan, pihak Jendela Toba dan RKI telah mendesaind sejumlah kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan danau toba. Diantaranya kampanye pelestarian alam lewat sepeda santai dan ajakan untuk membangun kebersamaan untuk mewujudkan geopark toba.
“Kegiatan Geobike Kaldera Toba ini merupakan rangkaian kegiatan sosialisasi Geopark yang dilakukan dengan bersepada santai melewati beberapa situs yang erat kaitannya dengan geopark yang memenuhi unsur Geodiversity, Culturdiversity, dan Biodiversity,” paparnya seraya berharap kegiatan tersebut dapat didukung semua pihak.
Secara terpisah, Kadis Hubpar Humbahas, Mangupar Manullang mengatakan, pihaknya selaku pemerintah daerah siap mendukung kesuksesan acara tersebut. Terlebih saat ini, Humbahas telah melakukan sejumlah sosialsiasi untuk percepatan geopark kaldera toba.
Mangupar mengatakan bahwa disisi lain Pariwsiata Humbahas juga sudah memasuki tahap
pemaksimalan promosi. Sehingga kedepan dapat menjadi salah satu pendukung pengenalan dunia pariwsiata Humbahas kepada penikmat pariwisata danau toba.
“Kita mendukung, karena secara spesifikasi, Danau Toba Humbahas memiliki keistiemewaan sejarah dan keterkaitan langsung terhadap geopark kaldera toba. Sehingga pemerintah akan maksimal mendukung kegiatan tersebut,” tandasnya. (AND)

Sumber:
http://harianandalas.com/kanal-olahraga/ratusan-peserta-bakal-mengitari-kawasan-danau-toba


No comments:

Post a Comment