Wednesday, July 1, 2015

Forum SSM XII segera ke Gayo jajaki Napak Tilas sejarah melawan Belanda

Forum SSM XII segera ke Gayo jajaki Napak Tilas sejarah melawan Belanda

SISINGAMANGARAJA XIIMedan-LintasGayo.co : Forum Sisingamangaraja (SSM) XII mewacanakan akan beraudiensi dengan dua Bupati dataran tinggi Gayo, Aceh Tengah dan Gayo Lues dalam beberapa hari kedepan. Selain itu juga dengan Wali Nanggroe dan sejumlah pimpinan daerah di Aceh yang akan dilintasi dalam kegiatan Napak Tilas tersebut.
“Napak Tilas akan digelar dalam Peringatan 107 Tahun gugurnya Pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII dan akan melalui Gayo dan sejumlah kota lainnya yang merupakan route perjalanan yang sering dilintasi Pahlawan Nasional tersebut semasa perjuangannya melawan kolonial Belanda,” kata salah seorang panitia Wilson Silaen kepada LintasGayo.co, Senin 28 April 2014.
Adapun jalur-jalur yang akan dilalui di Aceh, rinci Wilson, adalah kota Lhokseumawe, Beurenuen dan Banda Aceh, termasuk Takengon dan Blangkejeren. “Sedangkan puncak acara, digelar pada 17 Juni 2014 yang akan dilaksanakan, di Balige,” timpal Wilson.
Harapan hasil audiensi tersebut, kata dia, adalah terjalinnya kerja sama dalam upaya mengungkapkan fakta sejarah perjuangan melawan penjajah Belanda yang belum banyak diangkat kepermukaan, baik yang dilakukan oleh SSM XII maupun oleh pejuang-pejuang Aceh termasuk Gayo.
“Dalam misi ini, kita berharap ada pemuda-pemuda Aceh dan Gayo yang turut serta dalam napak tilas hingga ke Balige,” ujar Wilson.
Di Gayo, ungkap Wilson, bersama sejumlah pemerhati sejarah di Aceh dan Gayo sedang berupaya mencari jejak-jejak heroik perlawanan terhadap Belanda yang dipimpin Aman Erang, Aman Sooalon dan Aman Lenteng.
“Mereka orang-orang hebat yang diakui oleh Belanda, namun bagaimana sosok mereka masih kurang informasinya,” pungkas Wilson. (Khalis)


Sumber:
http://lintasgayo.co/2014/04/28/forum-ssm-xii-segera-ke-gayo-jajaki-napak-tilas-sejarah-melawan-belanda



No comments:

Post a Comment