Wednesday, July 1, 2015

Ibnu Hasyim sambut antusias gagasan napak tilas SSM XII

Ibnu Hasyim sambut antusias gagasan napak tilas SSM XII

Bupati Gayo Lues dengan bendera kerajaan Linge. (LGco_Kha A Zaghlul)
Bupati Gayo Lues dengan bendera kerajaan Linge. (LGco_Kha A Zaghlul)
Medan-LintasGayo.co: Orang nomor satu di Kabupaten Gayo Lues, Ibnu Hasyim sangat merespon positif wacana napak tilas Forum Sisingamangaraja (SSM) XII ke Gayo dalam penelusuran jejak sejarah perjuangan melawan Belanda di Gayo, kabupaten Gayo Lues.
“Bupati Gayo Lues melalui Humas Pemkab menyatakan respon positifnya atas gagasan napak tilas Forum SSM XII ke daerah tersebut dan sudah menyiapkan waktu untuk saling tukar pikiran menjelang napak tilas yang digelar Juni mendatang,” kata salah seorang panitia inti kegiatan itu, Wilson Silaen, Selasa 13 Mei 2014.
Dan rencananya, kata Wilson, timnya akan berangkat ke Blangkejeren dan Takengon setelah melakukan pertemuan dengan Wali Nanggroe pekan depan.
Sementara untuk kabupaten Aceh Tengah, diungkapkan Wilson pihaknya juga sudah membangun komunikasi dengan Wakil Bupati, Khairul Asmara, juga direspon baik.
“Kita segera mematangkan seluruh perencanaan kegiatan bersama pimpinan daerah di sana,” pungkas Wilson.
Panji perang Sisingamangaraja XII yang dikoleksi keluarganya. (Ist)
Panji perang Sisingamangaraja XII yang dikoleksi keluarganya. (Ist)
Seperti diberitakan media ini, Forum SSM XII akan menggelar napak tilas dalam rangkaian memperingati wafatnya pahlawan nasional, Sisingamangaraj XII. Sejumlah daerah di Aceh akan dilewati dalam kegiatan itu, termasuk Aceh Tengah dan Gayo Lues.
Dari referensi yang dimiliki pihak forum itu, ada beberapa nama Pang yang memimpin perlawanan hebat terhadap Belanda di seputar Danau Lut Tawar dan Burni Intim-Intim. Mereka bernama Aman Soalon, Aman Erang dan Aman Lenteng. Untuk puncak acara peringatan wafatnya SSM XII akan digelar pada 17 Juni 2014 di Balige Sumatera Utara.
Informasi lainnya, Ibnu Hasyim juga memiliki koleksi panji (bendera-red) yang sangat mirip dengan bendera Sisingamangaraja XII, hanya berbeda warna latar. Panji perang SSM XII dengan berlatar merah sementara koleksi keluarga Ibnu Hasyim berwarna Kekuningan.
“Ini adalah bendera kerajaan Linge yang merupakan warisan keluarga dari pihak istri saya,” kata Ibnu Hasyim kepada LintasGayo.co di rumah dinasnya beberapa bulan lalu.(Kha A Zaghlul)

Sumber:
http://lintasgayo.co/2014/05/13/ibnu-hasyim-sambut-antusias-gagasan-napak-tilas-ssm-xii


No comments:

Post a Comment