Wednesday, July 1, 2015

Sabtu pagi, Forum SSM XII tiba di Takengon jajaki Napak Tilas sejarah

Sabtu pagi, Forum SSM XII tiba di Takengon jajaki Napak Tilas sejarah

SISINGAMANGARAJA XIITakengon-LintasGayo.co : Sejumlah pengurus Forum Sisingamangaraja XII merencanakan akan bertemu dengan pimpinan daerah Kabupaten Aceh Tengah, Sabtu 24 Mei 2014 untuk melakukan penjajakan kerjasama Napak Tilas Perjuangan Pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII saat melawan penjajah Belanda puluhan tahun silam.
“Kami sudah dalam perjalanan dari Banda Aceh menuju Takengon, dan beberapa hari lalu kami sudah melakukan kontak dengan Bapak Wakil Bupati Aceh Tengah, Drs. Khairul Asmara,” kata Wilson, salah seorang anggota rombongan saat dihubungi LintasGayo.co, sabtu malam 23 Mei 2014.
Dikatakan, pihaknya sudah mengirim surat resmi dan Wabup Aceh Tengah sangat merespon rencana Napak Tilas tersebut, namun karena belum bertatap muka, belum dibicarakan langkah-langkah apa yang akan dilakukan untuk mensukseskan misi penelusaran sejarah tersebut.
Rencananya, setelah di Aceh Tengah, pihaknya akan melanjutkan perjalanan ke Gayo Lues dengan misi yang sama.
Seperti diberitakan media ini sebelumnya, Forum SSM XII akan menggelar peringatan wafatnya pahlawan nasional tersebut yang ke 107 bulan Juni mendatang. Namun sebelumnya, mereka terlebih dahulu melakukan Napak Tilas ke sejumlah daerah di Aceh termasuk Takengon dan Blangkejeren.
Dalam referensi yang mereka miliki, ada hubungan antara peperangan melawan Belanda di Gayo yang dipimpin Aman Erang, Aman Soalon dan Aman Lenteng dengan peperangan yang dipimpin Sisingamangaraja XII. (Kha A Zaghlul)

Sumber:
http://lintasgayo.co/2014/05/23/sabtu-pagi-forum-ssm-xii-tiba-di-takengon-jajaki-napak-tilas-sejarah



No comments:

Post a Comment