Wednesday, March 18, 2015

Tuan Rondahaim Saragih Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Tuan Rondahaim Saragih Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

 January 28, 2013 
Tuan Rondahaim Saragih Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional
Seminar Membedah Kepahlawanannya Jumat Mendatang
TERAS-MEDAN.com, Simalungun – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Hasadaon Saragih Garingging Boru pakon Panogolan Kabupaten Simalungun akan melakukan Seminar Nasional mengenai “Kepahlawanan Tuan Rondahaim Saragih Menentang Penjajahan Belanda di Sumatera Utara ” yang bekerjasama dengan Universitas Efarina (UNEFA) dan akan dilaksanakan, Jumat 1 Februari 2013 mendatang.
Seminar ini nantinya dilaksanakan di Aula Kampus UNEFA yang berada di Jalan Sutomo Griya Hapoltakan Raya Pematang Raya Kabupaten Simalungun. Hal ini dikatakan Rektor UNEFA Prof Dr Erika Saragih MS, didampingi Ketua DPD Hasadaon Saragih Garingging, Boru Pakon Panogolan Kabupaten Simalungun Drs Garinsen Saragih dan Ketua Panitia Seminar Nasional Darwan Saragih, Senin 28 Januari 2013.
Ia menyatakan seminar ini untuk mengkaji secara ilmiah sejarah perjuangan Tuan Rondahaim Saragih yang bergelar Tuan Raya Namabajan ketika menentang penjajahan Belanda di wilayah kerajaan yang ada di Kabupaten Simalungun pada masa itu hingga ke Kerajaan Padang (Tebing Tinggi sekarang) wilayah Kesultanan Deli. Jejak dan bukti perlawanan Tuan Rondahaim melawan Belanda, telah diakui Pemerintah Pusat dengan penganugerahan Piagam Tanda Kehormatan dari Presiden Republik Indonesia BJ Habibi berupa Bintang Jasa Utama Nomor 2634/UI/1999, sebagai salah satu pejuang dari Sumatera Utara.
Hasil Seminar Nasional ini nantinya, aku Erika akan menjadi rekomendasi dukungan dan usulan agar Tuan Rondahaim Saragih diangkat pemerintah menjadi Pahlawan Nasional. “Dukungan dari seluruh elemen masyarakat Simalungun, terutama Pemkab Simalungun, DPRD Simalungun dan Unsur Pimpinan Daerah sangat diharapkan, agar usulan ini segera direalisasikan oleh pemerintah pusat,” kata Garinsen Saragih, Senin.
Sementara itu, Ketua DPD Hasadaon Saragih Garingging, Boru Pakon Panogolan Kabupaten Simalungun Drs Garinsen Saragih yang mewakili Keluraga Besar Saragih Garingging berharap semua komponen masyarakat di Kabupaten Simalungun memberikan dukungan penuh atas seminar ini.
“Tuan Rondahaim Saragih merupakan salah satu putra terbaik Simalungun, yang menjadi kebanggaan bersama karena gigih melawan penjajah Belanda sampai akhir hidupnya,” katanya.
Terpisah, Darwan Saragih selaku Ketua Panitia Seminar Nasional menambahkan, seminar merupakan salah satu persyaratan pengusulan Tuan Rondahaim Saragih sebagai Pahlawan Nasional dari Sumatera Utara. Hasil seminar akan melahirkan dokumen sejarah Tuan Rondahaim Saragih sebagai bahan memenuhi persyaratan usulan sebagai Pahlawan Nasional sehingga dibutuhkan kehadiran pakar-pakar sejarah.
Panitia, kata Darwan akan menghadirkan pemakalah dari Dirjen Pemberdayaan Sosial dan Penanggulangan Kemiskinan Kementerian Sosial RI dengan judul makalah “Prosedur Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional RI”, Dr. Harto Juwono, M. Hum sebagai Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia dengan judul makalah “Perlawanan Tuan Rondahaim Saragih Menentang Kolonialisme Belanda dalam Arsip Kolonial”, Dr. Budi Agustono Staf Pengajar Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Budaya USU, dengan judul makalah “Sosok Kepemimpinan Tuan Rondahaim Saragih: Kepahlawanan dan Kearifan Lokal Tuan Rondahaim Saragih Dalam Pembentukan Karakter Bangsa, Dr. Suprayitno, M. Hum selaku Ketua Prodi Magister Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya USU, dengan judul makalah “Perlawanan Tuan Rondahaim Saragih Menentang Kolonialisme Belanda di tengah Kancah Perjuangan Rakyat Sumatera Timur dan Pendeta. Juandaha Raya P. Dasuha, MTh sebagai Kalitkom Kantor Pusat GKPS, dengan judul makalah “Perlawanan Tuan Rondahaim Saragih Menentang Kolonialisme Belanda dalam Tinjauan Budaya Simalungun”.
Dikatakan Prof Erika Saragih yang juga sebagai Penanggungjawab Seminar menyatakan, UNEFA sebagai Perguruan Tinggi yang baru berdiri di Kabupaten Simalungun terpanggil untuk memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat dengan menggelar Seminar Nasional Kepahlawanan Tuan Rondahaim Saragih Menentang Penjajah Belanda.
“Nama Tuan Rondahaim Saragih sangat memasyarakat di Kabupaten Simalungun, Bintang Jasa Utama yang dianugerahkan Presiden Habibie sebagai bukti perjuangan Tuan Rondahaim benar-benar nyata,”katanya.seraya menyatakan pihaknya sangat berharap hasil seminar menjadi dokumen ilmiah, bagian dari sejarah Kepahlawanan anak bangsa menentang kolonialisme Belanda. (MSA)

Sumber:
http://terasmedan.com/tuan-rondahaim-saragih-diusulkan-jadi-pahlawan-nasional/

No comments:

Post a Comment