Sunday, June 1, 2014

Van Daalen, Ekspedisi Penutup Tragedi Kemanusiaan di Pedalaman Aceh, Gayo, Alas dan Tanah Batak

Van Daalen, Ekspedisi Penutup Tragedi Kemanusiaan di Pedalaman Aceh, Gayo, Alas dan Tanah Batak


Kampanye militer ke pedalaman Gayo, Alas dan Batak adalah kisah kekejaman penutup 30 tahun tragedi kemanusiaan dalam Perang Aceh melawan Belanda. Tidak kurang dari 10 brigade merchausse yang terlatih dan tak berperikemanusiaan digerakkan ke dataran tinggi Gayo, Alas hingga ke Tanah Karo. Ekspedisi militer ini menghancurkan hampir seluruhnya sisa perlawanan pejuang Aceh, Gayo, Alas dan Batak.

Kampanye yang dimulai tanggal 8 februari 1904 dan selesai pada 23 juli tahun yang sama. Selama total 163 hari brigade merchausse pimpinan Daalen itu beraksi mereka telah membantai 2902 lelaki serta 1159 wanita dan anak-anak di daerah-daerah yang mereka lalui.

Pembantaian dan kekejaman Van Daalen bahkan terdokumentasi dengan baik dalam sejarah penaklukan Benteng Kuta Reh di tanah Alas. Pada hari jatuhnya benteng Kuta Reh, pasukan Van Daalen telah membantai 561 lelaki pejuang serta 189 wanita dan 59 anak-anak keluarga para pejuang.

Dalam kampanye militer ini Van Daalen dibantu oleh 23 perwira bangsa Eropa serta 208 perwira merchausse bangsa pribumi dari Jawa dan Ambon.

Ini adalah foto Van Daalen bersama 4 orang perwira yang paling bertanggung jawab dalam ekspedisi Gayo, Alas dan Batak.

Sumber: wikimedia-tropenmuseum
 
http://atjehgallery.blogspot.com/2014/05/van-daalen-ekspedisi-penutup-tragedi.html

No comments:

Post a Comment