Sunday, February 8, 2015

UNIMED Gali Asal-Usul Orang Batak Dalam Seminar Internasional

UNIMED Gali Asal-Usul Orang Batak 
Dalam Seminar Internasional
Sabtu, 10 Januari 2015 - 16:03:31 WIB
Jurusan Pendidikan Sejarah FIS Unimed bekerja sama dengan PUSSIS dan Unimed Press mengadakan seminar internasional dalam mengungkap sejarah asal-usul Orang Batak yang dilaksanakan pada 9 Januari 2015 diruang pertemuan FIS Unimed. Kegiatan dengan tema “Telaah Mitos dan Sejarah dalam Asal-usul Orang Batak” ini dihadiri oleh sejarawan, antropolog, arkeolog, budayawan, dosen dan mahasiwa dari Unimed dan beberapa universitas di Sumatera Utara. Pemateri dalam pertemuan ilmiah ini yakni : Prof. Dr. Uli Kozok (Universitas Hawaii, Amerika Serikat), Prof. Dr. Bungaran Antonius Simanjuntak (Unimed), dan Ir. Ketut Wiradyana, M.Si (Balai Arkeologi Medan). Hadir dalam pertemuan ini yakni Dekan FIS Unimed Dr. H. Restu, MS, Kepala PUSSIS Unimed yang juga sejarawan nasional Dr. Phil. Ichwan Azhari, MS, Ketua Jurusan Pendidikan Sejarah Dra. Flores Tanjung, MA.

Dekan FIS Unimed Dr. H. Restu, MS, yang membuka acara ini mengungkapkan apresiasinya bagi acara ini. “Semoga seminar ini akan memperluas wawasan kita tentang asal-usul orang Batak”. Acara ini juga diharapkan dapat membuka pemikiran-pemikiran baru dan memberi pencerahan tentang titik terang asal-usul orang Batak. Beliau yakin bahwa banyak orang batak di Indonesia ini, tidak hanya di Sumatera Utara yang menjadi kampung orang batak, mereka tidak paham secara ilmiah dari mana asal usul orang batak tersebut. Apakah berdiri sendiri diwilayah Indonesia, atau orang batak tersebut merupakan keturunan dari suku-suku yang ada di negara lain. Bahkan bisa jadi ada keturunan suku batak di luar negeri. Segala permasalahan berkaitan dengan asal usul orang batak akan dikupas tuntas oleh para pemateri secara ilmiah. Semoga pengetahuan dan temuan baru akan terkuak dalam pertemuan ini, sehingga membawa kebenaran dari sisi sejarah dengan didukung penguatan-penguatan dari temuan penelitian yang ada, ujarnya.   

Prof. B. A. Simanjuntak mengatakan banyak mitos dalam etnik Batak. Kristen Batak dikonstruksi oleh missionaris menjadi yehoba. Guru Besar bidang antropologi Unimed ini juga mengungkapkan tidak begitu percaya dengan mitos, bahkan dari beberapa penelitian yang ada selama ini beliau menyimpulkan bahwa mitos mungkin diciptakan leluhur Batak  untuk melindungi keturunannya.

Prof. Simanjuntak lebih jauh mengatakan ada kaitan fisik antara Batak dengan Kacin, di Burma hingga Mongol dengan prilaku yg mirip. Beliau menemukan suku Toba Tartar di Mongolia. Dengan begitu Toba Tartar adalah asal muasal Batak, namun tidak murni karena salah seorang panglima Toba Tartar menikahi putri Tiongkok Selatan. Kesimpulan asal Batak berasal dari perkawinan Toba Tartar dan Tiongkok.

Ketut Wiradyana memulai kajiannya tentang asal-usul Batak dari  folklore yakni melalui Pusuk Buhit. Dari eskavasi dan penelitian yang beliau lakukan selama ini Pusuk Buhit tidak pernah jadi hunian karena wilayah ini dianggap sakral, pemukiman ada di Sianjurmulamula. Sehingga dari telaah cerita rakyat dan penelitian arkeologi, orang Batak pertama di Sumatera ada di Sianjurmulamula,dan mereka telah bermukim disana sejak 600-1000 tahun yang lalu.

Prof. Uli Kozok mengungkapkan teori yang sudah sangat mantap dan diterima banyak pihak tentang nenek moyang Indonesia adalah teori “Out of Taiwan”. Teori ini menjelaskan  bahwa nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari Taiwan. Orang Batak sudah tentu bagian dari itu, karena bahasa Batak merupakan rumpun bahasa Austronesia. Kriteria penyebaran bahasa ini sangat luas, dari Taiwan, Selandia Baru dan Madagaskar. Pria kelahiran Jerman ini lebih lanjut mengatakan orang Batak diketahui berasal daerah Taiwan, tetapi persisnya tidak diketahui, hanya diperkirakan saja. Yang pasti bukan berasal dari Vietnam, Philipina, India, China, dan Burma. Guru besar Universitas Hawaii ini menambahkan bahwa Raja Batak lahir sekitar 600-800 tahun yang lalu. Ini mengindikasikan etnik ini termasuk yang termuda di Indonesia.(Humas Unimed).


Sumber:
http://humas.unimed.ac.id/unimed-457-unimed-gali-asalusul-orang-batak-dalam-seminar-internasional.html

No comments:

Post a Comment