Wednesday, March 14, 2012

Nahum Situmorang, Pemenang Kedua Sayembara Lagu Kebangsaan Indonesia


Nahum Situmorang, Pemenang Kedua Sayembara Lagu Kebangsaan Indonesia

Nahum Situmorang, seorang  penyanyi dan pencipta lagu yang sangat dikenal secara khusus oleh suku batak. Lagu-lagu hasil ciptaannya sendiri  menjadi lagu-lagu legenda yang tak pernah usang oleh jaman. Banyak penyanyi  Batak pada setiap generasi menyanyikan lagu-lagu Nahum Situmorang pada album mereka.

Orang batak, siapa yang tidak tahu lagu ‘ALUSI AHU’, ‘KETABO-KETABO’, ‘PULO SAMOSIR’ dan puluhan lagu lainnya yang sebagian besar orang batak hafal lagu ini. Lagu-lagu Nahum ini juga  tak pernah absen dinyanyikan di lapo tuak.

‘NASONANG DO HITA NADUA’, lagu yang sangat romantis untuk dinyanyikan sepasang kekasih/pasutri dalam mengarungi rumah tangga. ‘SITOGOL’, akan membawa kita bernyanyi sambil manortor (menari). . Lagu ‘LISOI”, menggambarkan kisah para pemuda di lapo tuak yang akrab dan sangat menyenangkan.

Nahum Situmorang, lahir pada tahun 1908 dan turut dalam barisan Perintis Kemerdekaan sebagai anggota Kongres Pemuda tahun 1928 (sumber : Wikipedia). Dan ternyata, Nahum Situmorang ikut dalam sayembara untuk menciptakan lagu kebangsaan. Sayembara ini dimenangkan oleh WR. Supratman, sementara Nahum Situmorang mendapat juara kedua.

Sangat disayangkan, lagu Nahum Situmorang yang diperlombakan tidak terdokumentasikan dan sampai sekarang tidak diketemukan lagu tersebut. Kabarnya, Nahum sangat kecewa dengan kekalahan tersebut karena menganggap lagu ciptaanya lebih layak untuk mendapat juara karena alasan orisinalitas dan durasi yang lebih pendek dari lagu Indonesia Raya (sumber : batakmusik.blogspot.com).

Tahun 1932, Nahum pindah ke Tarutung, mendirikan sebuah partikelir. Sebelum sekolah itu ditutup, Nahum sudah mempunyai rencana ke Medan menyalurkan bakatnya sebagai pencipta lagu dan penyanyi. Nahum bahkan pernah membuka restoran, pemusik Jepang, pedagang permata dan emas serta jadi broker mobil.

Nahum Situmorang telah banyak menciptakan lagu-lagu yang sangat indah dan menjadi lagu kenangan yang akan diingat dan dinyanyikan sepanjang masa.

Sumber:

No comments:

Post a Comment