Monday, May 12, 2014

Gunung Sibayak

Gunung Sibayak


Gunung Sibayak, Berastagi, Medan. Nikon D90. Gunung Sibayak adalah salah satu gunung api yang aktif di Indonesia. Gunung Sibayak menyimpan potensi energi bersih yang sedang dikembangkan, yaitu energi panas bumi (geothermal). Energi panas bumi ini saat ini dikelola oleh Pertamina Geothermal Energy dan dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga panas bumi yang menghidupi Sumatera Utara.

Indonesia termasuk negeri yang paling kaya dengan energi panas bumi karena wilayahnya yang berada di cincin api — sekitar 400 gunung berapi aktif ada di Indonesia. Indonesia memiliki potensi panas bumi hingga mencapai 27,000 MW listrik atau kira-kira ekuivalen dengan 13 billion barrel oil. 

Perbandingannya, minyak yang kita miliki saat ini yang terbukti hanya 3,8 billion barrel. Gunung Sibayak hanya memiliki energi panas bumi sebesar 12 MW (paling kecil). Sementara instalasi yang terbesar ada di Gunung Salak hampir 400 MW (dikelola oleh Chevron).

Terlihat di foto ini, di sisi kanan Gunung Sibayak ini ada asap yang mengepul, itu bukan kabut atau awan, tetapi panas bumi yang dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik.

Sumber:
http://www.beritametro.co.id/jatim-memilih/kpu-mulai-siapkan-tahapan-pilpres

No comments:

Post a Comment