Wednesday, March 18, 2015

Tuan Rondahaim Saragih Diusulkan Menjadi Pahlawan Nasional

  • Selasa, 06 Agt 2013 09:24 WIB
  • http://mdn.biz.id/n/44329/
  • Tuan Rondahaim Saragih Diusulkan Menjadi Pahlawan Nasional

MedanBisnis - Simalungun. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati para pahlawannya. Kalimat inilah yang menjadikan motivasi bagi masyarakat dan Pemkab Simalungun untuk mengajukan Tuan Rondahaim Saragih Garingging menjadi pahlawan nasional dari daerah tersebut.
Bahkan, dalam pengajuan menjadikan pahlawan nasional, berbagai upaya telah dilakukan oleh kalangan, baik dari para sejarawan, akademisi dan tokoh-tokoh adat mapun tokoh-tokoh masyarakat serta turunan atau ahli waris dari Raja Marpitu yang pernah memimpin di daerah berpalsafah "Habonaron Do Bona" duduk bersama untuk menggali berbagai sumber mendukung agar Tuan Rondahaim Saragih Garingging dapat terkabul menjadi pahlawan nasional.

Dari kalangan akademisi dan para sejarawan, seperti Prof Dr Erika Revida Saragih MS (Rektor Universitas Efarina Pamatang Raya), Dr Budi Agustono, Dr Suprayetno MHum, Dr Heristina Deti MPd (ketiganya Dosen Fakultas Ilmu Budaya USU) dan Pdt Juanda Raya Purba MTh (Kolitkom Kantor Pusat GKPS Pamatang Siantar) telah menulis buku sejarah tentang kisah perjuangan Tuan Rondahaim Saragih melawan Belanda di Sumatera Timur (1828-1891) dengan judul "Napoleon Der Bataks".

Launching buku tersebut secara resmi telah dilakukan Bupati Simalungun, DR JR Saragih SH MM bersama Dr Anhar Gonggong (Sejarawan/Dosen FIB Sejarah UI) yang ditandai dengan pmukulan gong, Sabtu (27/7), di gedung Griya Hapoltakan Pamatang Raya.

Bupati menyampaikan terima kasih kepada para penulis buku tentang sejarah perjuangan tuan Rondahaim Saragih dalam melawan Belanda pada masanya, yang telah meluangkan waktu dan tenaganya dalam menyelesaikannya. Menurutnya, buku ini merupakan karya ilmiah yang perlu diwariskan, terutama kepada para generasi muda.

"Dalam sejarahnya telah kita lihat bahwa, Tuan Rondahaim Saragih telah melakukan perjuangannya dalam mempertahankan nagara ini, dan bukan hanya Raya bahkan sampai ke Indonesia Timur (Aceh). Oleh karena itu, mari kita bersatu untuk membawa sejarah Simalungun,"ujarnya.

Bupati menyampaikan, bahwa Presiden RI pada tahun 1999 telah menganugrahkan jasa utama dari presiden kepada Tuan Rondahaim Saragih. Untuk itu, dengan berbagai upaya yang telah dilakukan, diharapkan pemerintah pusat dapat menibatkan tuan Rondahaim Saragih sebagai pahlawan nasional Bangsa Indonesia dari Simalungun, Provinsi Sumatera Utara.

Anhar Gonggong, dalam paparannya menyampaikan, banyak yang pelajaran tentang sejarah perjuangan melawan Belanda dari buku tersebut, yang telah dilakukan oleh Tuan Rondahaim Saragih. Dia juga menyarankan agar buku tersebut kiranya didistribusikan kesekolah-sekolah agar dapat dipelajari oleh anak-anak didik dan mengarsipkannya di perpustakaan.  ( samsudin harahap)

Sumbul:
http://medanbisnisdaily.com/m/news/read/2013/08/06/44329/tuan_rondahaim_saragih_diusulkan_menjadi_pahlawan_nasional/

No comments:

Post a Comment