Wednesday, July 1, 2015

Pemkab respon wacana napak tilas Sisingamangaraja XII di Takengon

Pemkab respon wacana napak tilas Sisingamangaraja XII di Takengon

Forum SSM XII bersama Kadisbudpar Aceh Tengah, Ir. Nasiruddin
Forum SSM XII bersama Kadisbudpar Aceh Tengah, Ir. Nasiruddin
Takengon-LintasGayo.co : Rencana napak tilas salah seorang pahlawan nasional Sisingamangaraja ke-XII (SSM-XII) di tanoh Gayo khususnya di Takengon Aceh Tengah mendapat respon positif dari pemerintah setempat. Napak tilas tersebut diprakarsai Forum Sisingamangaraja Ke-XII akan melakukan kunjungan ke beberapa wilayah yang pernah bersentuhan langsung dengan SSM-XII.
Jimi Sihaan selaku ketua tim saat bertemu dengan Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Aceh Tengah Ir. Nasiruddin, Sabtu (24/5/2014) mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan dimana tempat yang pernah disinggahi oleh SSM-XII di Takengon, untuk itu pihaknya meminta kerjasama Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menelusuri jejak sejarah pahlawan nasional tersebut saat berada di Takengon.
“Ada mata rantai sejarah yang terputus antara Gayo dan Batak sehingga jejak SSM-XII disini belum bisa diketahui dimana-mana saja daerahnya, maka kami pun meminta bantuan Pemkab Aceh Tengah untuk meluruskan mata rantai sejarah yang terputus itu,” kata Jimi Sihaan didampingi Wilson Selain dan Madison Situmorang.
Sementara Madison Situmorang yang merupakan kerabat dekat SSM-XII mengatakan, kegiatan napak tilas sejarah SSM-XII dalam rangka memperingati wafatnya pahlawan nasional tersebut ke 107 yang puncaknya 17 Juni 2014 mendatang di Balige Sumater Utara, bukan sekedar euforia dari bangso Batak sendiri melainkan mengungkap tabir-tabir sejarah dan kemungkinan persaudaraan antara Gayo dan Batak.
“Opung-opung saya pernah berkata kepada kami, kalian harus hormat pada opung-opung kalian yang berada di Gayo, hal ini mengatakan saya bahwa Gayo dan Batak punya hubungan persaudaraan, jadi kegiatan ini bukan sekedar euforia melainkan yang terpenting adalah pelurusan nilai-nilai sejarah,” kata Madison.
Sementara itu Kadis Budparpora Aceh Tengah, Ir. Nasiruddin mengatakan pihaknya menyambut positif rencana napak tilas sejarah tersebut, dan dia menduga memang ada hubungan persaudaraan antara Gayo dan Batak.
“Bupati dan Wakil Bupati sedang tidak berada ditempat, atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah kami mendukung apa yang sudah direncanakan oleh Forum SSM-XII di Takengon, kami akan mencarikan beberapa tokoh-tokoh sejarah yang mengetahui tentang keberadaan SSM-XII di Takengon,” terang Nasiruddin.
Sebelumnya, menurut Wilson Silaen, pihaknya sudah berkomunikasi dengan Wakil Bupati Aceh Tengah Khairul Asmara, dan sudah dijadwalkan untuk bertemu, namun karena ada tugas mendadak di luar daerah, pertemuan itu batal. “Intinya wacana kegiatan ini didukung oleh pak Wabup,” ujar Wilson mengutip pembicaraannya via telepon dengan Wabup Khairul Asmara.
(Wein Mutuah)


Sumber:
http://lintasgayo.co/2014/05/25/pemkab-respon-wacana-napak-tilas-sisingamangaraja-xii-di-takengon


No comments:

Post a Comment