Wednesday, October 8, 2014

Decak Kagum Air Terjun Sipiso-piso, Tanah Karo

Serunya Kampung Halamanmu

Decak Kagum Air Terjun Sipiso-piso, Tanah Karo

Epitanta Sitepu - d'Traveler - Rabu, 06/08/2014 17:33:00 WIB
detikTravel Community -  Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke Karo, Sumatera Utara tanpa menginjakkan kaki di air terjun Sipiso-piso. Surga kecil ini merupakan merupakan kebanggaan kampung halaman yang dimiliki masyarakat Batak Karo.

Keindahan alami air terjun ini disempurnakan oleh hamparan biru Danau Toba dan keagungan Desa Tongging dengan bukit hijaunya yang menjulang tinggi. Semua mata akan terpesona dan terpana saat pertama kali menginjakkan kaki di tempat ini.

Bagaimana tidak, pemandangan alam yang disajikan tempat ini tidaklah main-main, semua tersaji begitu sempurna. Hijaunya hutan pinus di sekitar air terjun dan rumah tradisional sepanjang perjalanan menuju air terjun akan membuat pengunjung tidak berhenti berdecak kagum. Tidak heran, kenapa tempat ini menjadi bahan pembicaraan hangat pengunjung lokal maupun mancanegara.

Berada di ketinggian kurang lebih dari 800 mdpl, menantang setiap pengunjung untuk mencapai titik dasar air terjun ini. Namun hal ini tidak akan mudah, kerena akses menuju lokasi cukup terjal dan berbatu serta menguras banyak energi.

Meskipun pemerintah setempat sudah memfasilitasi pengunjung dengan membuat tangga-tangga kecil untuk dilalui, menaklukkan air terjun ini tidaklah semudah yang dibayangkan. Setiba di dasar air terjun, kelelahan pengunjung akan terbayarkan.

Tiga puluh meter sebelum mencapai dasar air terjun, pengunjung akan disegarkan oleh tetesan air air terjun yang terbawa angin. Oleh karena itu saat memutuskan ke dasar air terjun ini, pengunjung harus menyediakan baju ganti dan tas atau plastik anti air karena dapat dipastikan semua pengunjung tidak akan kembali dalam keadaan kering.

Mungkin banyak pengunjung bertanya-tanya kenapa air terjun ini dinamakan Sipiso-piso. Setelah mencapai titik dasar air tejun tersebut, pertanyaan tersebut akan terjawab. Derasnya air yang berjatuhan dari ketinggian ratusan meter layaknya bilah-bilah pisau yang tajam.

Ya, karena itulah tempat ini dinamakan "Air Terjun Sipiso-piso". Bagi traveler yang mendambakan sebuah petualangan unik dan mengesankan, tempat ini layak untuk dikunjungi. Mejuah-juah!


Sumber:
http://travel.detik.com/read/2014/08/06/173300/2651745/1025/decak-kagum-air-terjun-sipiso-piso-tanah-karo

No comments:

Post a Comment