Pages

Tuesday, May 20, 2014

Arsitektur Batak

Arsitektur Batak

Batak arsitektur mengacu pada tradisi arsitektur terkait dan desain dari berbagai Batak rakyat Sumatera Utara , Indonesia. Ada enam kelompok Batak yang berbicara bahasa yang terpisah namun berhubungan: para Angkola dan Mandailing ke selatan, Toba , dan ke utara Pakpak / Dairi , dengan Simalungun , dan Karo . Sementara kelompok Batak sekarang Muslim atau Kristen, elemen agama Batak kuno tetap, terutama di antara Karo tersebut.

Tata letak arsitektur dan desa dari enam kelompok Batak menunjukkan variasi yang signifikan. Batak Toba rumah, misalnya, berbentuk perahu dengan atap rumit diukir dan pegunungan atap upsweeping, dan Karo Batak rumah bangkit dalam tingkatan. Keduanya dibangun di atas tumpukan dan berasal dari kuno Dong-Anak model. The bale (“balai pertemuan”), Rumah (“rumah”), dan sopo (“lumbung beras”) adalah tiga jenis bangunan utama umum untuk kelompok Batak yang berbeda. The Rumah tradisional telah menjadi rumah besar di mana sekelompok keluarga hidup secara komunal. Pada siang hari, interior ruang hidup bersama, dan pada malam hari tirai, kain atau anyaman memberikan keluarga dengan privasi. Batak Kebanyakan sekarang tinggal di rumah-rumah modern, dan rumah-rumah tradisional yang ditinggalkan atau dalam keadaan miskin perbaikan.

DESA

The Toba dan Karo Batak tinggal di desa-desa permanen dan menanam padi irigasi dan sayuran. Di sisi lain, Angkola, Mandailing, dan Pakpak yang dipraktekkan pertanian tebang-dan-bakar yang diperlukan perubahan sering lokasi dan desa-desa mereka hanya semi permanen.

Budidaya padi sawah dapat mendukung populasi yang besar, dan Toba dan Karo yang tinggal di desa-desa padat berkerumun, yang terbatas pada sekitar sepuluh rumah untuk menyelamatkan lahan pertanian. Pertanian tebang-dan-bakar Unirrigated didukung desa kecil dengan hanya beberapa rumah. Semua desa yang terletak di dekat sungai dan ladang. Internecine perang Batak sebelum abad kedua puluh melihat desa berlokasi di posisi mudah dipertahankan. Stockades bambu Tinggi dibentengi Pakpak desa dan hambatan dari tanah benteng dengan pagar bambu dan pohon.

Setiap kelompok Batak memiliki aturan sendiri dan tradisi membimbing tata letak desa. Batak Toba rumah diletakkan berdampingan dengan gables depan mereka menghadap ke jalan. Secara tradisional, setiap rumah akan memiliki lumbung padi berlawanan lumbung yang akan melengkapi deretan di desa. Jalan terbentuk antara deretan rumah dan deretan lumbung dikenal sebagai Alaman dan digunakan sebagai area untuk pekerjaan pengeringan beras. Mandailing juga membangun rumah mereka berturut-turut, namun, seperti Minangkabau atap pelana depan wajah atap pelana belakang rumah tetangga itu. The Karo dan Pakpak tidak berbaring rumah mereka di jalan-jalan tapi sekitar titik fokus desa seperti balai pertemuan (bale) atau menumbuk padi rumah (lesung).

Toba Arsitektur

Pusat Budaya Batak Toba di sekitar Danau Toba dan pulau suci Samosir yang terletak di dalamnya. Jabu adalah bahasa Toba kata untuk Rumah adat. Rumah-rumah yang terdiri dari tiga bagian. Sebuah substruktur pilar kayu besar bertumpu pada batu datar (atau saat beton) melindungi struktur dari rising basah. Beberapa pilar mendukung balok membujur dikenal sebagai labe-labe, yang menjalankan panjang rumah pada ketinggian kepala untuk membawa atap besar. Pilar lainnya membawa dua balok besar dengan ukiran singa kepala yang, dengan dua balok lateral yang mortised ke dalamnya, membentuk ring balok besar bantalan ruang kecil. Substruktur ini diperkuat dengan balok mortised ke dalam tumpukan yang berfungsi ganda sebagai warung malam untuk ternak.

Dinding keluar ringan dan ramping dan memberikan stabilitas tambahan untuk struktur. Dinding dan pelat dinding mendukung kasau menggantung dari labe-labe dengan kabel rotan, sedangkan dasar dinding duduk di ring balok. Musim semi kasau dari pelat dinding dan keluar miring memproduksi kurva atap. Sebagai pengganti reng bracing horisontal, diagonal hubungan-berjalan dari tengah-labe labe ke atap pelana berakhir-memberikan penguatan.

The curam bernada besar pelana atap kembali mendominasi struktur. Atapnya tradisional jerami, dan tanpa atap internal yang gulungan mereka menyediakan ruang internal yang besar. Atap segitiga tajam diproyeksikan dan gables tumpang tindih seluruh substruktur. Atap pelana depan meluas lebih jauh dari atap pelana belakang dan halus diukir dan dicat dengan motif dari matahari, mulai, ayam, dan motif geometris dalam warna merah, putih, dan hitam. Atap pelana belakang masih polos.
Batak Toba diperpanjang keluarga bersama yang berada di kampung mereka.

Ruang tamu, yang didukung oleh balok lateral dan melintang, kecil dan gelap. Cahaya masuk melalui jendela kecil di masing-masing dari empat sisi. Penduduk menghabiskan sebagian besar waktu di luar rumah mereka dan rumah sebagian besar digunakan untuk tidur. Sebuah ruang loteng disediakan oleh langit-langit kayu datar atas sepertiga depan ruang tamu. Keluarga pusaka dan kadang-kadang kuil disimpan di sini. Secara tradisional, orang Batak Toba akan masak perapian di bagian depan ruang tamu membuat ruang berasap. Dengan perubahan terbaru dalam praktek kebersihan, dapur kini sering di perpanjangan di belakang rumah.

Rumah orang Batak Toba biasanya rumah komunal besar, tetapi sekarang telah langka, dengan kebanyakan rumah sekarang dibangun dalam gaya etnis Melayu dengan bahan modern dan tradisional. Sementara lebih luas, baik berventilasi, cerah, dan lebih murah untuk membangun, jabu dianggap lebih bergengsi. Dimana jabu masih hidup, mereka umumnya lebih kecil tempat tinggal keluarga tunggal. Sedangkan versi sebelumnya dari jabu yang diakses melalui pintu perangkap menyembunyikan langkah-langkah di lantai, kali sekarang kurang berbahaya dan tangga kayu lebih nyaman di depan rumah menyediakan akses.

Batak Toba padi lumbung (sopo) dibangun dalam gaya yang serupa tetapi lebih kecil dari jabu tersebut. Rice disimpan dalam atap dan didukung oleh enam pilar kayu besar, yang membawa cakram kayu besar untuk mencegah masuknya hewan pengerat. Platform terbuka di bawah struktur atap yang digunakan sebagai bekerja dan ruang penyimpanan umum dan sebagai tempat tidur untuk tamu dan laki-laki yang belum menikah. Lumbung padi sekarang jarang digunakan untuk penyimpanan biji-bijian, dan banyak yang telah dikonversi ke ruang tamu dengan Walling off bagian terbuka antara struktur sub-dan atap, dan menambahkan pintu.

Arsitektur Karo

Geometric ornamen pada rumah Karo c. 1.914-1.919. Setiap desain memiliki arti tertentu atau kekuasaan. Perhatikan Cicak stylized ( gecko ) sepanjang setiap dinding.



The Karo Rumah adat (rumah adat), yang dikenal sebagai ‘Siwaluh Jabu’, adalah, seperti dengan Aceh Rumah , berorientasi Utara-Selatan, mungkin untuk berlindung dari matahari.
Rumah adat Karo adalah rumah panjang , untuk hunian keluarga beberapa, sampai dengan dua belas keluarga di beberapa daerah, meskipun biasanya delapan. Sebuah rumah panjang Karo akan menjadi besar, untuk mengakomodasi begitu banyak keluarga, dan dibangun di atas panggung.

Rumah-rumah yang dibangun untuk kayu, bambu, menggunakan ijuk serat untuk mengikat (tidak ada paku atau sekrup yang digunakan) dan untuk atap jerami. Desain secara alami tahan gempa.
Dalam rangka untuk memilih situs yang cocok untuk rumah, guru (dukun) akan berkonsultasi, yang akan menentukan apakah tanah itu baik atau buruk. Plot A akan diintai menggunakan daun kelapa, dan warga lainnya akan diberi empat hari untuk menolak usulan pembangunan.

Setelah periode empat hari telah berlalu, lubang digali di tengah plot, di mana ditempatkan pisau, daun sirih dan nasi. Guru dan kalimbubu dan Anak Beru akan melakukan ritual untuk menentukan bahwa tanah yang cocok.

Setelah situs telah siap, upacara tujuh hari dilakukan, konsultasi roh hutan (kayu) dan mengatur pembayaran untuk pengrajin bertanggung jawab untuk menciptakan dekorasi rumah.
Semua penghuni desa kemudian akan mendirikan pilar penopang rumah, setelah itu mereka akan makan bersama.

Warna-warna yang digunakan dalam desain Karo merah, putih dan hitam. Merah menandakan semangat hidup, ‘mendapatkan-up-dan-pergi’, warna yang terlihat dalam pakaian tradisional yang digunakan dalam pernikahan, hitam warna kematian, ketidakpedulian manusia dari (Allah) Dibata kehendak, dan putih, warna kekudusan Allah.

Ornamen sangat penting dalam rumah Karo, dengan tanduk Buffalo dekorasi penting dari adat Rumah, dan dua bercat putih tanduk dipasang pada setiap ujung atap (mounting dilakukan di malam hari, sehingga tidak ada yang melihat), menggunakan baik laki-laki dan perempuan kerbau . Ornamen di rumah-rumah tradisional Karo menjabat untuk melindungi penduduk dari roh jahat, dan untuk menunjukkan status pemilik. Dengan memudar dari keyakinan agama tradisional (permena), mereka sekarang sebagian besar dekoratif dan pengingat tradisi budaya masa lalu.

Ornamen rumah Karo ditemukan dalam tiga cara:
• Rumah dihiasi dengan bambu dijalin dalam berbagai desain geometris.Desain geometris telah diklasifikasikan ke dalam tujuh belas jenis, masing-masing memiliki sifat sihir khusus, seperti salat Tupak Silima-lima (lima bintang berujung), melambangkan merga silima, dan menghalangi orang-orang yang akan mencoba untuk marah integritas itu.
• Dapur yang dihiasi dengan ukiran
• Sebuah intaglio diukir tokek melindungi penghuni dari roh-roh jahat

Roof
Atap rumah Karo berbeda dari orang Batak lainnya, menjadi atap pinggul . Atap adalah fitur dominan dari rumah, kadang-kadang menjadi setinggi 15 meter, terhadap dukungan dan dinding, baik sekitar 1,5 meter masing-masing.

Rumah yang paling dasar, yang dikenal sebagai Rumah Beru-Beru, memiliki pinggul dasar dan atap pelana. The tersek Rumah memiliki atap bertingkat ganda dengan atap pelana di atas bagian bawah. Hal ini meningkatkan ventilasi di rumah, mengurangi dampak asap memasak. Sebuah rumah dengan empat Gables, yang dikenal sebagai Rumah si Empat ayo memiliki dua atap pelana menyilang di sudut kanan. Dalam beberapa kasus Anjong-Anjong, atau miniatur rumah, dapat ditempatkan di atas rumah untuk dekorasi lanjut internal organisasi The Karo adat rumah memiliki dua pintu masuk, di sebelah utara dan selatan berakhir, dengan teras kecil (mendatang) pada masing-masing dan tangga menuju ke rumah. mendatang ini berfungsi sebagai tempat untuk mandi anak-anak dan untuk chatting di malam hari.

Rumah panjang delapan keluarga Karo tradisional berisi empat dapur, masing-masing dibagi antara dua keluarga dekat, dan mengandung dua kompor masing-masing. Kompor dibuat dengan menggunakan lima batu sebagai simbol dari merga silima Karo (lima Marga ).

Rumah itu terstruktur sehingga pengulu (pemimpin) dari rumah menempati ruang depan-kiri, dengan sembuyak nya (orang tua) di ruang ke kanan. Dalam gambar cermin, nya Anak Beru dan kalimbubu akan menempati kamar yang sesuai masuk dari belakang rumah. Empat kamar di tengah rumah adalah status yang lebih rendah dan masing-masing berisi dapur, yang bersama dengan kamar di luar mereka.

Keben

The keben atau nasi gudang merupakan bagian penting dari budaya Karo, karena beras merupakan toko kekayaan, dan ukuran keben karena menunjukkan kekayaan seseorang.


Sumber:
http://amstrophel13architect.wordpress.com/2012/11/17/70/

2 comments:

  1. Klo mengadopsi data, menterjemahkannya yg bagus. Jangan membuat artinya bersalahan. Thxs

    ReplyDelete
  2. Artikel di atas dicopy-paste dari sumbernya sesuai dengan aslinya. Sumbernya menyebutkan bahwa artikel tersebut diterjemahkan dengan mesin penterjemah, sehingga wajar apabila tidak baik terjemahannya. Meskipun demikian, Sopo Panisioan tidak berhak mengubah terjemahan tersebut, kecuali kalau Sopo Panisioan menterjemahkannya sendiri dari artikel aslinya yang berasal dari bahasa asing. ...

    ReplyDelete